Kamis, 12 November 2015

KOMUNIKASI


Hai teman-teman semuanya.....Hari ini saya akan berbagi pengetahuan tentang "Komunikasi". Apa Komunikasi itu?Komunikasi adalah suatu seni dalam menyebarluaskan/memberikan suatu informasi, gagasan, perilaku seseorang ke orang lain dengan menggunakan media dan terkadang disertai hambatan-hambatan dan lawan bicara ada respon/feedback. Media yang digunakan dapat berupa perkataan (dari mulut ke mulut), TV/media elektronik, surat kabar, media sosial, dan gesture. 
Hambatan-hambatan dalam berkomunikasi dapat berupa gaduh/berisik, media yang tidak sesuai, perbedaan bahasa dan makna, emosi dan kemampuan menyimak yang buruk. 


Intisari pemikiran :
  • Bersifat pribadi
  • Terjadi dengan sesama manusia
  • Melibatkan perubahan kebiasaan
  • Bertujuan untuk mempengaruhi yang lainnya
  • Ekspresi atas buah pikiran dan emosi yang diwujudkan dengan kata dan tindakan
  • Alat untuk mengontrol dan memotivasi orang
  • Merupakan proses sosial dan emosi
Bentuk Komunikasi 

1. Komunikasi Verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.

contoh : komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media, seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.
 
2. Komunikasi Non Verbal ( non verbal communication) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan.
Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.
contoh :
a. Sentuhan
Sentuhan dapat termasuk: bersalaman, menggenggam tangan, sentuhan di punggung, mengelus-elus, pukulan, dan lain-lain.
b. Gerakan tubuh
Dalam komunikasi non verbal, kinesik atau gerakan tubuh meliputi kontak mata, ekspresi wajah, isyarat, dan sikap tubuh. Gerakan tubuh biasanya digunakan untuk menggantikan suatu kata atau frase, misalnya mengangguk untuk mengatakan ya; untuk mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu; menunjukkan perasaan,
c. Vokalik (suara)
Vokalik atau paralanguage adalah unsur non verbal dalam suatu ucapan, yaitu cara berbicara. Contohnya adalah nada bicara, nada suara, keras atau lemahnya suara, kecepatan berbicara, kualitas suara, intonasi, dan lain-lain.
d. Kronemik (durasi)
Kronemik adalah bidang yang mempelajari penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal. Penggunaan waktu dalam komunikasi nonverbal meliputi durasi yang dianggap cocok bagi suatu aktivitas, banyaknya aktivitas yang dianggap patut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, serta ketepatan waktu (punctuality).
Fungsi Komunikasi Verbal dan Non Verbal :
meskipun komunikasi verbal dan non verbal memiliki perbedaan-perbedaan, namun keduanya dibutuhkan untuk berlangsungnya tindak komunikasi yang efektif, fungsi dari lambang-lambang verbal maupun non verbal adalah untuk memproduksi makna yang komunikatif.

Tips Improving Body Language :
  • Jaga jarak yang ideal
  • Bersentuhan bila itu diharuskan
  • Jaga penampilan dan perilaku
  • Waspada kepada orang yang suka memberikan isyarat palsu
  • Tetaplah memperhatikan/melihat pada lawan bicara
  • Tersenyumlah dengan setulus hati
Hearing vs Listening
Hearing - proses fisik, alami, pasif.
Listening - proses fisik dan mental, aktif, terampil untuk mencerna suatu permasalahan dengan baik.


Value of Listening :
  • Menyimak adalah sebuah seni dalam berkomunikasi.
  • Kemampuan menyimak yang baik mencerminkan rasa hormat dan kepribadian yang baik.
  • Menyimak dengan seksama terhadap perintah atasan dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi.
  • Kemampuan menyimak yang buruk dapat mengakibatkan ganguanhambatan dalam kegiatan bisnispekerjaan dan hubungan sosial.
  • Kemampuan menyimak yang baik dapat mengurangi keluh kesah para karyawan.
  • Keterampilan menyimak dengan baik dapat meningkatkan hubungan percakapan dan sosial.
  • Menyimak adalah aktifitas positif.
 
Demikian pengetahuan dari saya, semoga dapat memberikan masukan bagi teman-teman semua dan saya ucapkan terima kasih.





1 komentar:

  1. Casino | DrmCD
    Casino. DrmCD's staff member 전라남도 출장샵 has shared the secrets of 평택 출장마사지 winning the big 포천 출장샵 jackpots! Find out the secrets about winning a jackpot with Casino!  Rating: 안양 출장샵 3.2 · 고양 출장안마 ‎3 votes

    BalasHapus